Minggu, 16 Januari 2011

STRUKTUR: FORMALITAS ATAU KENYATAAN?

Di era ini, orang mulai menyadari bahwa struktur adalah bagian dari strategi manajemen untuk mencapai visi dan misi. kenyataannya, masih ada perbedaan antara kondisi ideal yang seharusnya dengan kenyataan yang ada. Inilah yang disebut dengan masalah. Struktur sering kali menjadi suatu gambaran indah di dalam ruangan kantor, namun pelaksanaannya: pemimpin lebih suka berhubungan dengan orang yang dia sukai, bukan dengan orang yang seharusnya yang mengurusi pekerjaan tersebut.

Ada beberapa pendekatan atas situasi tersebut: apakah kita mengganti orang yang menduduki posisi dengan orang yang kita sukai atau kita meng-up grade orang yang menduduki posisi menjadi orang yang kita sukai? Pada dasarnya kita harus mengacu kepada struktur organisasi, bukan kepada hubungan personal atau kesukaan kita. Memang sebagai manusia yang subjektif, kita akan memiliki kesukaan terhadap hal – hal tertentu, demikian juga ketidaksukaan akan hal – hal tertentu. Memandang organisasi sebagai hal yang personal akan mengantarkan kita kepada masalah yang lebih besar dan membuat organisasi kita tidak dipandang sebagai a great place to work (dalam konteks employee engagement).

Struktur formal adalah strategi perusahaan untuk mengelola seluruh aktivitasnya ditujukan untuk mencapai tujuannya. Yang membuat struktur dan mengisi personelnya adalah manajemen sendiri. Kalau manajemen sendiri tidak menghargai apa yang menjadi pilihannya, bagaimana pihak lain (karyawan, supplier, masyarakat lokal, pemerintah, dan sebagainya) bisa menghargai struktur tersebut? Kalau semua pihak sudah tidak menghargai struktur, maka kekacauan hubungan kerja akan timbul karena semua orang akan berhubungan dengan orang yang disukainya saja.

Kalau memang personel yang ditaruh dalam struktur tersebut tidak mampu dan mungkin tidak menyenangkan, maka kita bisa melakukan pembinaan, sampai akhirnya paling ekstrim adalah memutuskan hubungan kerja. Akan tetapi, jangan mengkhianati struktur organisasi hanya karena kita tidak suka dengan personel yang menduduki posisi itu!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar