Minggu, 16 Januari 2011

MEMPUNYAI PRINSIP

Banyak orang melakukan hal – hal yang bodoh karena mereka tidak memiliki prinsip. Prinsip adalah suatu pendapat yang diyakini benar tentang segala hal yang mendasar. Prinsip bisa berbicara tentang kehidupan, hubungan antar manusia, manajemen dan kepemimpinan, karir dan promosi dan sebagainya. Orang yang tidak memiliki prinsip seperti orang yang tidak memiliki kunci atas sebuah pintu dan membuang waktu, uang dan tenaganya untuk memikirkan cara bagaimana membuka pintu tersebut.

Perusahaan yang tidak mempunyai prinsip (lebih tepatnya adalah pimpinan puncak atau tim manajemennya), adalah perusahaan yang akan menghambur – hamburkan uangnya untuk melakukan banyak kesibukan dan mengulang – ulang kesalahan yang sama dalam bentuk yang berbeda. Perusahaan yang agak pintar menggunakan kegagalannya untuk belajar tentang hal – hal yang prinsip untuk tidak mengulangi kesalahan utamanya. Perusahaan yang pintar adalah bagaimana secara sistematis dan berkesinambungan menangkap prinsip – prinsip penting organisasi dan menerapkannya.

Ram Charan menyatakan problem utama juga bukan hanya pada strategy atau prinsipnya, melainkan juga pada eksekusinya. Banyak pimpinan puncak yang tahu tentang ‘kebenaran’, tetapi mereka keberatan membayar harga untuk mengimplementasikan kebenaran itu. Harga itu tidak hanya biaya atau investasi, melainkan juga hubungan antar manusia, waktu untuk menabur dan menanam, dan segala bentuk investasi yang tak terlihat (intangible investment).

Awalnya mempunyai prinsip terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan melakukannya dengan segenap hati. Keberhasilan dan keberuntungan akan mengikuti kita!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar