Minggu, 16 Januari 2011

MEMBANGUN HUBUNGAN

Banyak orang suka lompat ke hasil atau harapan akan tujuan, tanpa memperhatikan proses. Mereka berpikir bahwa tidak usah membuang waktu, langsung action dan harapkan hasil. Kenyataannya, tidak ada manusia yang mau mendukung kita kalau mereka tidak tahu siapa kita. John Maxwell dan Dale Carnegie menyadari betul masalah ini sehingga mereka mengeksplorasi isu hubungan antar manusia dan menghubungkannya dengan kepemimpinan dan keberhasilan bisnis.

Walau isu ini adalah penting dan mendasar, namun sampai sekarang orang dengan kaliber Direktur sekalipun bisa melakukan kesalahan junior ini karena mereka juga mendapatkan tekanan dari pemilik perusahaan atau share holder untuk segera menghasilkan. Perusahaan kecil atau besar menghadapi situasi yang sama, bahwa investor mengharapkan hasil yang instant karena mereka sudah terlanjur menanamkan uang mereka yang cukup besar.

Tidak ada yang instant dalam kaitannya dengan pembangunan kepemimpinan, manajemen dan manusia. Semua pemimpin yang efektif harus memikirkan bagaimana membangun hubungan dengan bawahan, rekan kerja dan atasan, baru mereka memikirkan bagaimana melipatgandakan semua kelebihan yang dimiliki. Tidak akan ada produktivitas tanpa ada pembangunan hubungan terlebih dahulu. Perusahaan holding akan kesulitan meminta bantuan atau pekerjaan yang profesional dari anak perusahaan kalau mereka tidak terlebih dahulu berkenalan dengan tim yang di sana. Demikian juga manajer baru dengan anak buahnya. Ini semua menghindari salah paham dan ketidakpercayaan yang sering kali membutuhkan biaya mahal untuk memperbaikinya.

Maka yang penting adalah bagaimana mengembangkan kompetensi hubungan antar manusia dan membangun lingkungan kerja secara positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar